Skincare Haram

Kenali Skincare Haram Bagi Kaum Muslimah – Skincare memang sudah menjadi trending topik bagi sebagian banyak orang terutama bagi perempuan. Bagaimana tidak, kosmetik adalah barang ajaib yang bisa merubah penampilan wajah seseorang. Dari hitam menjadi lebih cerah, hidung mungil menjadi lebih mancung, memang ajaib ya dear. Tapi, ada beberapa hal yang harus di perhatikan terutama bagi kamu seorang muslimah. Banyak sekali produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan yang tidak di perbolehkan untuk di konsumsi atau dengan kata lain produk yang haram.

Membahas mengenai perempuan, tentu tidak akan lepas dengan yang namanya produk kecantikan. Namun ada beberapa hal yang mesti di bahas, apakah seluruh produk kosmetik atau skincare menggunakan bahan-bahan yang halal? Tentu tidak. Sebagian ada produk yang menggunakan bahan-bahan non halal untuk tujuan-tujuan tertentu.  Tentunya bagi kamu kaum muslimah, akan selalu berupaya untuk menggunakan produk-produk yang halal. Yuk kita lihat beberapa ulasan yang akan membahas mengenai beberpa hal tersebut.

 

Skincare Haram

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

Alkohol

Meskipun memang kandungan alkohol pada skincare tidak semuanya berbahaya, namun hal tersebut tetap saja membuat sebagian banyak orang gelisah dan tidak ingin menggunakannya. Karena menurut sepengetahuan kamu, alkohol bukanlah bahan yang baik sebagai bahan pembuatan skincare. Tentunya kamu tidak ingin membuat kulit wajah mu menjadi rusak karena bahan-bahan berbahaya seperti alkohol.

Alkohol banyak sekali di temukan pada produk kosmetik dan skincare. Seperti alkohol isopropyl, denat, menatol dan lainnya. Beberapa alkohol tersebut memang akan memberikan efek ringan pada bahan skincare. Selain itu, sebagian perusahaan skincare menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai bahan pengawet.

Lalu alkohol seperti apa yang sebenarnya di perbolehkan? Yang harus kamu ketahui, ada beberapa alkohol berlemak yang diperbolehkan untuk di gunakan. Bahan-bahan yang di gunakan juga tidak sembarangan, kamu bisa menggunakannya dengan bahan alami seperti kelapa dan kacang-kacangan. Dengan bahan tersebut, kamu bisa menggunakannya dengan aman, karena alkohol berminyak tersebut termasuk ke dalam cetyl alcohol terbuat dari sari minyak kelapa dan stearyl alcohol yang di buat menggunakan minyak sayur dan juga kelapa. Penggunaan alkohol memang tidak semuanya di larang, namun masih ada toleransi jika penggunaannya dibatasi sesuai dengan semestinya.

Gelatin

Gelatin merupakan zat yang menyerupai jel adalah standar yang dominan digunakan sebagai bahan kosmetik. Gelatin ini berasal dari rebusan kulit, tendon, ligament hingga tulang. Gelatin yang haram biasanya terbuat dari bagian-bagian hewan yang non halal juga seperti babi. Sudah jelas bukan, jika babi banyak di nilai adalah hewan yang najis.

Kandungan gelatin bermanfaat dalam pembaruan struktur kosmetik. Golatin ini banyak di terdapat di dalam produk body locion, cream muka, shampoo dan hair spray. Tetapi, kamu tidak usah khawatir ya muslimah, karena gelatin ada juga yang baik digunakan. Seperti gelatin yang terbuat dari bahan sapi yang di gunakan sebagai penggunaan eksternal. Pastikan terlebih dahulu, bahwa gelatin yang terdapat pada produk yang akan kamu pakai merupakan bahan yang terbuat dari sapi.

 

Baca juga: Baru Memulai Bisnis Kuliner? Lihat selengkapnya

 

Gliserin

Gliserin merupakan zat yang banyak digunakan sebagai bahan produk perawatan wajah. Misalnya, pelembab, lotion, lipbalm dan sunblock. Kandungan gliserin juga digunakan sebagai bahan penghalus sabun dan penambah rasa main pasta gigi. Gliserin juga banyak temui dari bahan nabati, Misalnya kelapa sawit, hingga bahan-bahan hewani seperti sapid an babi.

Tentu saja gliserin yang berasal dari bahan hewan berupa babi tidak baik untuk digunakan karena mengandung bahan non halal. Untuk kaum muslimah, harus lebih hati-hati lagi ya.

Lemak

Lemak yang didapati pada skincare berkhasiat untuk mengatasi kulit kering, menjaga kulit tetap elastisitas dan membuat kulit terasa lembut hingga dapat menghilangkan kotoran. Biasanya lemak di gunakan pada produk berupa lotion, krim, sabun mandi sampai pasta gigi. Bahan pembuatan lemak bisa berasal dari nabati dan hewani.

Tentunya yang mesti kamu perhatikan, bahan yang terbuat dari hewani berupa babi tidak di perbolehkan karena non halal. Jadi, bagi kaum muslimah harus lebih berhati-hati dalam memilih produk yang akan kamu pakai.

 

Baca juga: Kulit Glowing? Ikuti Tips Berikut

 

Kolagen

Terakhir yaitu kolagen, yang sangat sering digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik. Kolagen ialah bahan yang biadanya di pakai untuk produk perawatan kulit, seperti krim untuk mencegah penuaan dan pelembab kulit. Fungsi dari kolagen yaitu dapat memcerahkan wajah hingga menjaga elasitisitas kulit wajah yang membuat kulit tetap kencang hingga terhindar dari kerutan di wajah.

Kolagen dibuat dari ekstraksi sumber laut dan sapi. Biasanya kandungan yang digunakan sebagai kolagen berupa tulang hewan berasal dari sapi, kambing, biri-biri, hingga babi.

Nah, yang perlu kamu perhatikan yaitu tidak di perbolehkan menggunakan bahan-bahan yang mengandung kandungan hewan berupa babi. Karena sudah familiar bukan, jika babi merupakan hewan yang non halal.

Berikut merupakan informasi yang sudah di rangkum sedemikian rupa akan bermanfaat bagi kalian terutama muslimah yang selalu mengkhawatirkan produk-produk kosmetik dan skincare yang biasa kalian gunakan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *