Bisnis Online VS Bisnis Offline

Bisnis Online VS Bisnis Offline, Manakah Yang Paling Recommended? Lihat Selengkapnya – Semakin bertambah tahun, dunia teknologi memang semakin berkembang pesat. Hampir semua akses kebutuhan sehari-hari bisa di gunakan secara online. Karena memang benar, jika dengan menggunakan teknologi semua kegiatan dan pekerjaan apapun menjadi lebih ringan. Tidak heran jika banyak orang merasa sangat terbantu dengan hal tersebut.

Namun, jika membicarakan mengenai peluang bisnis. Menurutmu, manakah yang paling di rekomendasikan antara bisnis online atau offline? Yuk langsung saja kita simak beberapa hal mengenai bisnis online dan juga bisnis offline.

 

Memulai Bisnis Kuliner

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

Bisnis Online

Tentu saja anda tidak asing dengan bisnis online bukan? Bagaimana tidak, jika anda lapar dan ingin makan, dengan sangat mudah anda dapat memesan makanan secara online bayar pun dengan online tanpa ribet dan menguras tenaga. Dan bagi yang belum bekerja, saat ini juga sudah muncul ojeg online bahkan bisnis online yang bisa membantu meringankan keuangan. Wah, memang sudah tidak di ragukan lagi ya jika membicarakan tentang teknologi. Yuk kita lihat apa saja kelebihan dari bisnis online ini.

  1. Mudah di pasarkan dengan luas

Jika bisnis yang anda kelola adalah online, tentu sangat mempermudah dalam memasarkannya. Anda bisa menawarkan produk secara online menggunakan beberapa aplikasi secara mudah dan praktis.

Apabila anda menggunakan bisnis dengan system online juga, kamu bisa membuat aplikasi sebagai media untuk mempermudah akses pembelanjaan pelanggan. Mungkin, pelanggan bisa memesan secara online dan bisa juga di antar menggunakan ojek online. Tentu saja hal tersebut sudah lumrah bagi semua kalangan.

  1. Modal tidak mesti harus besar

Ketika akan memulai bisnis, tentunya anda mesti menyiapkan modal awal untuk usaha tersebut. Baiknya, bisnis online tidak begitu mengutamakan modal besar. Mengapa demikian? Karena anda tidak perlu menyewa ruko untuk memasarkan isnis anda tersebut hingga harus membayar tagihan perbulan atau pertahun. Kamu bisa memasarkannya secara online, memosting produk-produk yang di pasarkan hingga membuat postingan yang dapat menarik pelanggan agar membeli produk anda tersebut. Terpenting, kamu bisa berbisnis hanya di dalam rumah sambil tiduran dan menonton televisi. Sangat menarik bukan.

  1. Mudah mengerti kesukaan pembeli

Jika anda berbisnis online, tentunya akan ada ulasan-ulasan menarik yang dapat membangun bisnis anda lebih baik dari sebelumnya. Bisa jadi mengenai motif, cita rasa dan lain nya. Pelanggan dapat melihat produk-produk yang di tawarkan tidak mesti harus berangkat ke lokasi. Dia bisa melihat-lihat produk secara online dan jika menyukasinya bisa langsung di pesan dan dikirimkan. Mudah bukan?

  1. Biaya pemasaran lebih murah

Pada masa dulu, untuk membuat iklan sangatlah sulit. Misalnya memasang baliho, media cetak, bahkan televise merupakan cara pemasaran yang biasa digunakan untuk memasarkan produk. Namun, hal tersebut bukanlah cara yang efektif. Tentu saja, memasang iklan dengan cara tersebut memerlukan dana yang cukup mahal. Dengan bisnis online anda dapat memasarkan produk-produk yang dijual hanya dengan menggunakan handphone dan dukungan internet.

 

Baca juga: Kenali Skincare Haram Bagi Kaum Muslimah

 

  1. Dapat dijangkau 24 jam

Saat ini sudah banyak bisnis yang buka 24 jam seperti supermarket dan restoran cepat saji yang sedia melayani kapanpun, Akan tetapi, biaya operasionalnya memang tidak sedikit dibandingkan dengan took-toko yang hanya tersedia waktu-waktu tertentu saja.

Bisnis online tentu saja dapat kamu kelola kapanpun bahkan 24 jam non stop. Berbeda dengan bisnis offline, anda tidak perlu membayar biaya operasional lebih. Harga yang mesti dibayarkan untuk mengelola bisnis online untuk menjalankan suatu website tidak akan berbeda.

Lakukan hal berikut sebelum berbisnis online

  1. Lihat jangkauan pasar

Yang perlu anda pikirkan mengenai halhal yang dapat mempengaruhi jangkauan pasar, Misalnya:

  • Tentukan waktu pengiriman
  • Biaya adminintrasi pengiriman
  • Ke awetan produk
  • Target yang ada di pasar
  1. Umumkan jam operasional terhadap pelanggan

Tentunya hal tersebut membantu pelanggan mengetahui jam aktif bisnis online yang anda kelola. Tidak sedikit yang ingin mengetahui tentang produk-produk terlebih dahulu sebelum membelinya. Contohnya, beberapa pelanggan memahami jika mereka mengirimkan pesan di malam hari tidak di respon oleh anda karena sedang istirahat. Tentukan jam operasional buka dan tutup binsis yang kamu kelola tersebut, untuk mempermudah pelanggan menghubungi anda.

  1. Jangan mengecewakan pelanggan

Kepercayaan pelanggan adalah suatu hal yang penting ketika memulai suatu bisnis. Tetapi, dalam berbisnis online adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan jika di bandingkan dengan bisnis offline. Karena jika anda mengecewakan pelanggan, sudah pasti akan mengalami kerugian yang cukup besar. Dampak nya pelanggan tidak akan berbelanja lagi di bisnis online anda tersebut. Tentunya, untuk mengembalikan image tidaklah mudah dibandingkan dengan kamu baru memulai memasarkan produk.

  1. Ingat selalu jaga keamanan

Jika membicarakan bisnis offline, mereka akan di hadapi dengan pencurian. Sedangkan jika bisnis online, anda akan dihadapkan dengan pelaku hacker. Bahkan sebuah study menyebutkan jika serangan hacker terjadi di setiap 39 detik! Wah, manakutkan ya.

Pelaku hacker memiliki beberapa tujuan. Misalnya mengganti tampilan website, hingga mengambil alih website. Berhati-hatilah, karena belum ada yang bisa menangani jika hacker sudah mengambil alih website yang anda kelola. Jika sudah seperti itu, anda bisa saja di minta tebusan untuk meminta lagi kendali website tersebut.

 

Baca juga: Manfaat Tepung Beras Untuk Kecantikan

 

Tools untuk mendukung bisnis online

Jika anda tertarik untuk membuat bisnis online, usahakan jangan terburu-buru untuk membuat akun marketplace. Anda bisa memiliki took online pribadi, kira-kira apa saja?

  • Tidak tergantung pada pihak ketiga
  • Branding lebih murah
  • Bisa mementukan harga sesuai keinginan
  • Dan lainnya

Untuk mendukug website took online yang akan kamu kelola, beberapa tools berikut mungkin bisa membantu anda.

  • WordPress
  • WooCommerce
  • Google Analytics
  • MailChimp
  • WhatsApp Bussiness
  • Google Bisnisku

Nah, berikut merupakan informasi yang dapat anda manfaatkan ketika ingin memulai berbisnis online, dan menentukan apakah memudahkan atau tidak dibandingkan dengan bisnis offline. Tentu bagi kita semua seiring berjalannya waktu bisnis online memang sangat membantu kita dalam menjalankan bisnis kita sendiri. Anda juga bisa mengatur kapan beroperasi dan kapan waktu libur. Tentunya masih banyak lagi hal lain yang membantu pekerjaan anda, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *