Ancaman Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Kita semua tahu sinar matahari memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah sinar matahari mengasupi tubuh dengan vitamin D. Vitamin D berperan besar dalam pembentukan tulang. Selain itu vitamin D membuat tulang kuat dan sehat.

Tidak hanya itu vitamin D juga mengkokohkan tulang. Kurangnya asupan vitamin D dapat membuat tulang menjadi keropos atau osteoporosis.

Tapi ternyata selain manfaatnya, sinar matahari juga dapat memberikan ancaman yang berbahaya. Apa sajakah itu? mari kita simak bersama-sama

Penuaan Dini

Banyak yang menganjurkan agar terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Namun, terpapar sinar matahari terlalu lama ternyata memberi resiko untuk kulit.

Ternyata paparan sinar matahari dalam durasi yang lama dapat mempercepat tanda-tanda penuaan.

Hal ini karena sinar matahari berlebihan merusak kolagen dan elastin (lapisan dalam dermis kulit). Karena itu kulit akan tampak keriput, mengendur, dan pori-pori menjadi membesar.

Resiko Kanker Kulit

Efek sinar matahari yang berbahaya lainnya adalah resiko menyebabkan kanker kulit. Terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat merusak sel genetik pada kulit. Pertumbuhan kulit yang tak terkendali berakibat pada kanker kulit.

Baca juga: Tips & Trik Atasi Sunburn

Membakar Kulit

Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan sunburn atau kulit terbakar. Gejala sunburn sendiri adalah kulit menjadi berwarna kemerahan dan terasa perih ketika disentuh. Sinar ultraviolet dalam sinar matahari memicu reaksi inflamasi yang merusak kulit. Tidak hanya merusak kulit,  sunburn  juga mengancam kesehatan dan kemungkinan penuaan dini dan kanker kulit meningkat.

Baca juga: Jerawat di Usia Tua? Begini Cara Mengatasinya

Merusak Mata

Tidak hanya kulit, mata juga menanggung akibat dari sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari bisa merusak saraf mata, bahkan retina dalam waktu lama. Terus menerus demikian, mata dapat terkena resiko katarak.

Metode untuk menghindari sinar matahari yang berlebih adalah sebagai berikut

  • Pakailah pelembab kulit seperti krim siang dengan kandungan SPF30 sebelum beraktivitas di luar ruangan
  • Lindungi kulit ketika beraktivitas di luar, seperti mengunakan payung atau mengenakan pakaian berlengan panjang yang melindungi kulit. Saran juga jangan kenakan pakaian yang berwarna gelap, karena warna gelap menyerap sinar matahari.
  • Untuk melindungi mata, kenakan kacamata hitam atau kacamata yang melindungi mata dari sinar ultraviolet.

Atasi masalah kulit dan mata dengan cara yang tepat. Hubungi dokter yang ahli untuk mendapat saran pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *